SUNGAI BUGEL DIPENUHI TUMPUKAN SAMPAH



 Indramayu (MP) - Dampak dari musim kemarau yang berkepanjangan. Bukan hanya dikeluhkan oleh petani saja karena kekurangan pasokan air untuk mengairi areal sawahnya. Musim kemarau juga membawa dampak yang lain. Tengok saja disungai Bugel. Sungai yang membelah Desa Sukahaji dan Bugel Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu ini kondisinya sungguh sangat memprihatinkan. Pasalnya, berbagai macam sampah memenuhi sungai tersebut. Dari mulai sampah plastik, bekas botol shampoo, kertas pasta gigi, dan lainnya. Bahkan bangkai binatang dengan bau yang menyengat menambah kotornya sungai tersebut. Belum lagi air sungai yang  berwarna kehitaman dan keruh, membuat siapapun yang melihat pasti akan merasa jijik.
‘’ Penyebab air yang berwarna kehitaman dan keruh tersebut,  dikarenakan tidak adanya hujan yang turun disaat musim kemarau seperti sekarang ini. Sehingga kotoran serta lumpur hitam didasar sungai, semuanya keluar kepermukaan, ditambah lagi dengan masuknya air laut ‘’ Beber Amir (58) Warga setempat kepada MP belum lama ini.
   
Ditambahkan Amir, dengan banyaknya tumpukan sampah  yang memenuhi sungai Bugel, Membuat sungai tersebut menjadi dangkal . menurut dia, tingkat kesadaran warga dalam membuang sampah masih rendah.
‘’ Sampah-sampah yang berada disungai Bugel ini  berasal dari warga yang kebanyakan bukan orang sekitaran sini.  dulu sewaktu saya memancing dibawah jembatan pas malam hari. Tiba-tiba dikejutkan dengan satu karung besar yang berisi sampah yang sengaja dibuang oleh warga dari atas jembatan. Ini menunjukan tidak adanya kesadaran warga dalam membuang sampah pada tempatnya ‘’ Imbuh Amir.
Bahkan, fungsi sungai  Bugel yang sebelum terjadinya musim kemarau. Sering digunakan oleh petani dalam mengairi areal sawahnya.  Namun dengan kondisi yang demikian, petani tidak mau lagi menggunakan air sungai bugel untuk areal sawahnya.
‘’ Sewaktu air sungai bugel masih pasang dan bersih dari berbagai sampah. Saya pernah mengambil air dari sungai ini untuk mengairi sawah yang terletak di blok Badak. Tapi setelah air laut masuk dan belum turunnya hujan, saya tidak mau mengambil air dari sungai ini, karena sudah bercampur dengan air laut ‘’ ujar H. Radi (57) salah seorang petani  Desa Sukahaji.
senada, seperti disampaikan Isa (26) warga setempat. Air dari sungai bugel tersebut juga berfungsi  untuk kebutuhan MCK warga lainnya. Namun, seiring dengan tercemarnya sungai tersebut mayoritas warga mencari sumber  mata air lainnya.
‘’  Saya berharap semoga segera turun hujan, supaya kebutuhan akan air oleh sebagian warga disekitaran sungai  bugel ini bisa segera terpenuhi. Saya khawatir  dengan belum turunnya hujan berbagai macam penyakit dari sungai bugel akan menjangkiti warga ‘’ papar Isa. (Mansur Kurdi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SUNGAI BUGEL DIPENUHI TUMPUKAN SAMPAH "

Post a Comment